Menghapus Virus Shortcut Tanpa AntiVirus

November142010
Sekali-kali kita jangan tergantung anti virus dalam menghilangkan sebuah virus dikomputer, ada beperapa trik manual yg dapat di pakai buat menghilangkan virus shortcut yang saat ini sedang menjamur dimana-mana.
Sangatlah menjengkelkan jika komputer kita terkena serangan virus. Apalagi sekarang ini yang lagi trend aalah Virus Shortcut. Virus ini termasuk kedalam golongan virus .vbs. Walaupun virus ini tidak begitu berbahaya, namun kita juga harus tetap waspada karena virus ini akan mengakibatkan kerja komputer menjadi berat. Virus ini dengan cara membuat file ” autorun.inf, dekstop.ini, fanny.bmp, thumb.db, serta file shortcut yang berextensi .lnk “ pada setiap drive dan folder. semakin banyak Folder didalam komputer kita, maka akan semakin banyak pula shortcut yang dibuat oleh virus ini.

Langkah-langkah untuk mencegah atau paling tidak menguranginya adalah sebagai berikut ;

1. Matikan terlebih dahulu System Restore pada semua drive ( My Computer, Properties, System Restore, beri centang pada Turn off System Restore on All Drives

2. Matikan proses “wscript.exe” (Task manager. services, wscript.exe, klik kanan pada wscript exe, end process/end process tree)

3. Buka windows explorer, klik menu “Tool” lalu pilih “Folder Option”, selanjutnya pada tab “View” klik “Show hidden files and folders”, hilangkan tanda contreng pada “Hide extensions for known file types” dan hilangkan juga tanda contreng pada Hide protected operating system files. Klik OK.

4. Klik tombol “Search”, Klik All Files and Folders, Pada bagian All or part of the file name ketik : Autorun.inf, pada bagian Look in klik “My Computer”, lalu beri centang semua pada bagian More Advanced Options lalu hapus semua file yang telah ditemukan.

5. Setelah Proses pada No. 4 selesai, lakukan proses sama seperti No. 4. Tapi pada kolom All or Part of the file name di isi dengan Dekstop.ini. Hapus juga file ini.

6. Setelah Proses pada No. 5 selesai, lakukan proses sama seperti No. 4. Tapi pada kolom All or Part of the file name di isi dengan *.lnk >>>( LNK bukan ink ). Hapus juga file ini. tapi kamu harus hati-hati jangan sampai salah menghapus, Ciri dari shortcut folder yang dibuat oleh virus yaitu ketika kita menunjuk folder tersebut maka akan muncul link dari shortcut tersebut yaitu ke arah windows/system32, itu adalah shortcut yang harus kita hapus
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

9 tanggapan untuk "Menghapus Virus Shortcut Tanpa AntiVirus"

LpuARmy pada 03:21 PM, 15-Nov-10

kren bro info.a, mrgreen

Idris Sardi pada 03:24 PM, 15-Nov-10

Yo mksh bro, , , razz

HP pada 04:45 AM, 16-Nov-10

mantap pak biggrind

Idris Sardi pada 06:15 AM, 16-Nov-10

Yo mksh HP BLOG :-*

google topic pada 07:28 PM, 15-Dec-10

hello I was fortunate to search your website in digg
your post is outstanding
I obtain a lot in your theme really thank your very much
btw the theme of you site is really wonderful
where can find it

Idris Sardi pada 08:12 PM, 15-Dec-10

Theme ini murni hasil pikiranya saya. So, just here you can find it

pit pada 05:03 PM, 05-Jan-11

ah... gak bisa!!!
msh dtg virusx

Idris Sardi pada 05:55 PM, 08-Jan-11

Pit : ow di perbaiki aja sistem y. . .istal ulang, trus di deep frez dn jgn di colokin smbrangan

mayoi pada 11:03 PM, 21-Mar-11

Tiny Shortcut remover

http://www.321infos.co.cc/search/label/antivirus

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar


 
Kembali ke Atas